Sabtu, 16 April 2011

Makanan Burung Berkicau Pemakan serangga dialam

Perlu diketahu bahwa dialamnya burung2 berkicau seperti (kacer,murai batu,pendet/cendet,Cucak-ijo,AK,AM dsb) dialam memangsa beberapa hewan yang meraka anggap sebagai suplemen untuk bertahan hidup.adapun beberapa hewan yang menjadi makanan meraka tersebut yakni (jenis serangga,larva hewan bahkan larva kodok). selain digunakan sebagai media untuk bertahan hidup, hewan-hewan tersebut juga digunakkan untuk memancing pasangan dari lawan jenis masing-masing burung berkicau diatas.
           untuk itulah banyak diantara para pecinta burung berkicau menggunakan hewan-hewan tersebut untuk
membantu mempercepat proses peng-ngevoeran bagi burung2 bakalan mereka. ada beberapa anggapan dari teman-teman kicau mania bahwa"burung yang sudah nge-voer memiliki resiko kematian yang kecil dibandingkan dengan burung bakalan yang belum ngevoer". Sedikit memberi gambaran untuk jenis2 hewan yang dimaksud seperti :
1.jangkrik

telah terbukti dari hasil penelitian bahwa jangkrik memiliki kadar protein yang bagus, dimana protein berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh.
2.Cacing
cacing tanah (cacing gelang) merupakan pakan favourite bagi beberapa jenis burung berkicau (AK,AM,MB,kacer). dipercaya dengan media cacing burung bakalan dapat dengan mudah nge-voer dalam hitungan 2-3 hari.
3.kelabang
kelabang merupakan hewan yang dipakai sebagai suplemen ketika burung berkicau dalam posisi drop. berikan dengan porsi 1x1 hari ketika burung anda drop.
3.kroto(telur semut)
telor semut(kroto) merupakan suplemen yang biasanya dipakai oleh temen2 kicau mania untuk tetap menjaga kondisi burung fit. selain mudah didapat di kios-kios burung , hewan jenis ini mudah didapat dilingkungan rumah kita. biasakan memberikan makanan berupa kroto semunggu 2 kali (misal senin & kamis) agar burung tetap Fit & terjaga kualitasnya.
4.Belalalng
 hewan ini sangat sulit didapat dikota2 besar dikarenakan kawasan hijau dikota sangat susah ditemukan. hewan jenis ini berkembang biak ditanah lapang/direrumputan. dialamnya biasanya burung2 sering memburu hewan ini dikarenakan banyak dijumpai dialamnya.
5.ulat Hongkong
 hewan ini bersifat panas bila diberikan pada burung dalam jumlah banyak, biasanya pemberian UH hanya diberikan 1-2 ekor setiap hari. bila memberikan dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan burung jadi rontok bulu/ berak putih.
6.kecebong
merupakan EF (extra Fooding) yang bersifat dingin (dapat mendinginkan burung yang terlalu giras)
7.Ulat Pisang
hewan ini jarang sekali ditemukan terkecuali apabila pada waktu musim kupu2. termasuk hewan yang susah didapat diwilayah kota-kota besar bagi pecinta burung kicauan. biasanya temen2 kicau mania mengantinya dengan ulat bambu yang tersedia/dijual dikios2 burung. porsinya 1 x seminggu

8.Voer

Merupakan makanan wajib bagi burung berkicau peliharaan kita, dengan kondisi burung yang sudah nge-voer secara otomatis pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah. seperti dalam kaitan membersihkan kotoran maupun ketersedian pakan banyak terdapat dikios2 burung. biasakan untuk membeli/memelihara burung berkicau yang sudah Nge-voer (kecuali Cucak Ijo). sedikit mitos yang beredar di para penghobi kicau mania bahwa Voer untuk cucak Ijo mengakibatkan burung memiliki performansi suara yang tidak bening(serak). namun berdasakan pengalaman saya, serak pada burung dapat diobati dengan pemberian larutan Cap K***T***. serta pemberian pakan yang bervariasi(selang-seling"sehari voer-sehari pisang)

1 komentar:

  1. Makanan alternatif pengganti serangga. Praktis, higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Makanan alternatif pengganti serangga

    BalasHapus